11 langkah untuk bangkit dari kegagalan

Yakin dan percayalah bahwa badai kegagalan akan segera berlalu. Bahwa roda keberhasilan akan segera menghampiri Anda ketika Anda tetap bersemangat dan mau terus bekerja dengan keras.

Setiap orang pasti pernah merasakan pahitnya kegagalan, namun tidak setiap orang mampu menyikapinya dengan arif serta bijaksana. Oleh sebab itu, bila di antara Anda ada yang sedang mengalami kegagalan, ubahlah cara berpikir dan berusahalah meyakinkan diri bahwa sesungguhnya kegagalan adalah bagian dari jalan menuju keberhasilan. Berikut ini tips agar kegagalan tidak membuat Anda patah semangat:

1. Terima dengan besar hati

Banyak orang tidak ikhlas menerima kegagalan, yang justru membuat dirinya semakin tertekan dan tidak mampu berpikir secara rasional. Lebih parah lagi, kegagalan dapat membuat seseorang kehilangan akal sehat. Karenanya terimalah kegagalan dengan besar hati, jadikanlah itu sebagai “cambuk” supaya Anda berusaha lebih keras lagi.

2. Intropeksi diri

Setiap kegagalan yang dialami selalu ada penyebabnya, entah itu kesalahan diri sendiri ataupun dari pihak lain. Namun, jangan pernah sekalipun menyesalinya, berpikirlah secara positif karena melalui kegagalan tersebut Anda jadi dapat mengintropeksi diri. Anda dapat belajar untuk memperbaiki diri dan berusaha untuk menjadi lebih baik pada kesempatan berikutnya.

3. Ambil hikmah

Di balik kegagalan, selalu ada hikmah yang tersembunyi. Maka, Anda harus tetap bersyukur meskipun sedang mengalami sebuah kegagalan. Perbaikilah hal-hal yang membuat Anda gagal, sehingga Anda bisa menjadi jauh lebih baik daripada sebelumnya.

4. Ubahlah motivasi dan tujuan

Tak ada salahnya bila setelah mengalami kegagalan Anda mengubah motivasi dan tujuan misi Anda demi mencapai keberhasilan. Terbukalah atas saran serta masukan dari pihak-pihak lain yang sebenarnya memahami dengan lebih baik apa yang seharusnya Anda lakukan agar bisa segera berhasil.

5. Tingkatkan kemampuan

Terkadang sebuah kegagalan terjadi karena kurang berpengalaman. Karena itu, tingkatkan kemampuan Anda dan jangan malu untuk belajar dari orang lain yang sudah terlebih dahulu berhasil.

6. Tingkatkan rasa percaya diri dan optimisme

Kegagalan seringkali membuat seseorang menjadi putus asa, rendah diri, minder dan tidak lagi memiliki kepercayaan diri. Karenanya, tingkatkan rasa percaya diri serta optimisme, sehingga Anda bisa mengatasi rasa frustrasi akibat kegagalan yang Anda alami.

7. Jangan mudah menyerah

Jangan mudah menyerah karena setiap keberhasilan membutuhkan proses yang panjang. Kegagalan demi kegagalan harus dilewati hingga tiba saatnya bagi orang tersebut sukses.

8. Badai pasti berlalu

Yakin dan percayalah bahwa badai kegagalan akan segera berlalu, dan roda keberhasilan akan segera menghampiri ketika Anda tetap bersemangat dan mau terus bekerja dengan keras.

9. Bersabarlah

Pencapaian sebuah keberhasilan tidak bisa dilakukan dengan cara singkat – kesabaran serta dedikasi sangat dibutuhkan. Karena itu, latihlah diri untuk tetap bersabar menghadapi tantangan, sehingga ketika berhasil nanti Anda bisa menikmati hasilnya.

10. Jangan membandingkan diri dengan orang lain

Jangan mudah merasa iri melihat keberhasilan orang lain, jangan pula membanding-bandingkan diri dengan kemampuan serta hal-hal yang orang lain miliki tetapi tidak Anda miliki. Jadilah orang yang percaya diri dan capailah keberhasilan melalui upaya Anda sendiri.

11. Rajin berdoa

Rezeki, jodoh serta kesehatan datangnya dari Tuhan yang Empunya pemilik kehidupan. Karena itu, selalu libatkan Tuhan dalam setiap langkah Anda, sehingga apa pun yang Anda capai selalu mendapatkan restu dari-Nya.

Scroll to top
Skip to toolbar